CORE IBBI,
Designed by : Marwa Halim

Mahasiswa STMIK IBBI Ikuti Festival J-POP Culture Di Jepang

Jumat (6/9) yang lalu Kedutaan Besar Jepang di Indonesia melalui halaman webnya mengumumkan nama-nama mahasiswa dari seluruh Indonesia yang mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke jepang dalam rangka Festival Japan-Pop (J-POP). Dalam festival tersebut terdapat tiga kategori kegiatan yaitu Anime, Fashion, dan Entertainment. Dari seluruh peserta yang berjumlah lebih dari 700 orang, diantaranya berasal dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) dan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) IBBI Medan. Dengan proses seleksi yang ketat, akhirnya didapat 18 orang yang akan diberangkatkan ke Jepang dari Indonesia, diantaranya adalah mahasiswa STMIK IBBI Medan yang merupakan peserta satu-satunya yang mewakili seluruh Sumatera. Acara ini akan berlangsung di Jepang selama sepuluh hari dari tanggal 30 September 2013 sampai 9 Oktober 2013.

Ketua STMIK IBBI, Ir. B. Ricson Simarmata, MSEE, IPM yang didampingi oleh Wakil Ketua III STMIK IBBI, Andriasan Sudarso, S.Mn, MM mengatakan bahwa hal ini merupakan sebuah prestasi yang membanggakan dan patut diapresiasi. Dengan diraihnya sebuah kesempatan untuk mengikuti festival J-POP di Jepang oleh Andrew Bestari Lubis, maka mahasiswa STMIK IBBI yang lain akan terpacu dan termotivasi untuk lebih giat dan meningkatkan prestasi khususnya dibidang animasi. Dengan diraihnya prestasi dibidang animasi ini, maka mahasiswa ľmahasiswa yang lain harus lebih giat lagi dan meningkatkan kapasitas serta kualitas sehingga kedepannya, khususnya mahasiswa STMIK IBBI bisa meraih prestasi yang lebih besar lagi untuk mengharumkan nama almamater dan khususnya bangsa dan negara kata Sukiman, S.T., M.T. selaku Wakil Ketua I STMIK IBBI.

Sebuah kebahagiaan tersendiri yang tidak dapat diucapkan dengan kata-kata ketika meraih prestasi untuk bisa datang ke Jepang mengikuti Festival Japan-Pop (J-POP). Hal ini dikatakan oleh Andrew Bestari Lubis mahasiswa STMIK IBBI jurusan Teknik Informatika semester 7 yang mendapat kesempatan ke Jepang. Dengan bakat membuat animasi yang dimilikinya, andrew senantiasa mengasah bakat tersebut dengan harapan dikemudian hari bisa menjadi seorang animator yang terkenal.

Andrew menuturkan bahwa untuk bisa mendapatkan kesempatan emas tersebut banyak hal yang harus dilakukan seperti Memiliki minat yang besar terhadap J-POP Culture, seperti Anime atau Fashion atau Entertainment, Mampu menggunakan bahasa Inggris sehari-hari, Dapat memperkenalkan budaya Indonesia, Bersedia membuat laporan kegiatan dan mempresentasikan kegiatannya selama di Jepang kepada universitas asalnya, Belum pernah mengikuti program JENESYS atau Kizuna, serta mengirimkan karya video animasi ke Kedubes jepang.

Andrew berhasil meraih kesempatan pada kategori anime (Animasi). Dimana Anime adalah salah satu bentuk J-POP Culture yang paling banyak diketahui oleh masyarakat luas. Dalam kategori ini, para peserta akan dapat menyaksikan langsung pembuatan Anime, bertukar pendapat dengan siswa sekolah jurusan animasi, dan merasakan langsung trend anime terkini di Jepang.