History

Ketika sebuah perusahaan membutuhkan tenaga kerja terampil, cekatan dan bersedia kerja keras dan tekun, ternyata tak gampang memperolehnya. Apalagi yang menguasai teknik komputer, administrasi dan akuntansi maupun bahasa asing yang memadai. Ada sesuatu yang hilang terasa, proses pendidikan yang representatif untuk mengantisipasi perkembangan zaman.

Bapak Amrin Susilo Halim pada waktu itu berpikir untuk mendirikan perguruan tinggi, namun perguruan tinggi dengan ukuran standar yang ada dirasakan tidak memadai. Ia merasa perlu membuat sekolah dengan nilai plus. Oleh karenanya ia merangkul beberapa pengusaha di Medan untuk dapat merealisasikan maksud mulia tersebut.

IBBI pada awalnya adalah singkatan nama yayasan, yaitu Institut Bina Bisnis Indonesia, yang mengelola lembaga pendidikan di bidang bisnis. Lembaga yang didirikan pada tanggal 17 April 1996 pada awalnya menyelenggarakan program pendidikan diploma dengan berbagai jurusan antara lain jurusan Sekretaris, Komputer, Pariwisata dan Perhotelan, Akuntansi Manajemen Pemasaran dan Perbankan. Jurusan sengaja dikonsentrasikan ke sana untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Pada tahun 1998 status IBBI berubah menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE). STIE IBBI menyelenggarakan pendidikan jenjang S-1 (program sarjana) yaitu Program Studi Manajemen  dengan peminatan Manajemen Pemasaran dan SDM dan pendidikan jenjang D-3 (program diploma) Program Studi Akuntansi.

Sejalan dengan tuntutan perkembangan jaman khususnya di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, pada bulan September 2003 IBBI membuka Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) IBBI. STMIK IBBI menyelenggarakan pendidikan jenjang S-1 (program sarjana) yaitu Program Studi Sistem Informasi dan Program Studi Informatika.

Pada tahun 2008 STIE IBBI membuka pendidikan jenjang S-1 (program sarjana) Program Studi Akuntansi.

IBBI telah meluluskan ± 15.537 alumnus yang telah bekerja di Instansi pemerintah/swasta dan menjadi wirausaha sukses. IBBI memberikan penghargaan studi banding ke luar negeri bagi Mahasiswa/I IBBI yang berprestasi. IBBI terus menerus bertransformasi dalam rangka membawa IBBI sebagai salah satu institusi yang hadir membawa perubahan bagi bangsa ini sesuai dengan motto IBBI  yaitu “Bekal Terbaik Menuju Masa Depan Gemilang”.