News



BI Edukasi Mahasiswa STIE IBBI tentang Uang Rupiah TE 2016


Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara mengedukasi ratusan Mahasiswa STIE IBBI tentang Uang Rupiah Tahun Emisi (TE) 2016. Berlokasi di Aula Bank Indonesia Jalan Balaikota No. 4 Medan, Ibrahim dan Dwi Sulistio sebagai pemateri menjelaskan ciri-ciri keaslian uang rupiah dan uang NKRI TE 2016 pada Rabu, 17 Mei 2017.

Kegiatan yang dilaksanakan sebagai bagian dari Studi Ekskursi STIE IBBI di Bank Indonesia, dibuka oleh Ibrahim yang memaparkan evolusi sistem pembayaran. Ia mengemukakan terdapat enam tahapan dalam sistem pembayaran, yaitu mulai dari barter, uang komoditas, kartal, uang kertas (based paper), uang eletronik (electronic based), platform, dan virtual currency.

Terkait gambar pahlawan dalam uang rupiah, Ibrahim menyatakan sedikitnya ada empat kriteria pemilihan pahlawan sebagai gambar uang rupiah, seperti gambar pahlawan belum pernah digunakan dalam uang rupiah (kecuali proklamator), keterwakilan daerah, keterwakilan gender, dan dapat diterima oleh seluruh pihak (tidak menimbulkan kontroversi).

Selain itu, Ibrahim juga mengajak  Mahasiswa STIE IBBI mengenal ciri keaslian rupiah terutama edisi tahun emisi 2016 yang memiliki sistem keamanan terbaru seperti color shifting, rainbow feature, latent image, ultra violet feature, blind code/tactile effect, dan rectoverso.



« Back to News