News



IMKA IBBI Kunjungi Situs Cagar Budaya Gua Kemang


Ikatan Mahasiswa Karo (IMKA) IBBI berkunjung ke situs cagar budaya Gua Kemang. Kegiatan dilaksanakan oleh Badan Pengurus Harian IMKA IBBI pada Sabtu, 17 Juni 2017. Gua Kemang terletak di Kampung Durintani Desa Sembahe, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Kedatangan IMKA IBBI ke Gua Kemang bertujuan untuk belajar dan memahami sejarah dan budaya daerah setempat khususnya terkait dengan suku Karo. Menurut masyarakat setempat, Gua Kemang dahulu dihuni oleh “Umang” dalam bahasa Karo yang berarti jin atau roh. Fisik dari Umang seperti manusia, tapi lebih kecil. “Bedanya lagi, kalau berjalan, kakinya terbalik, tumitnya menghadap ke depan sedangkan jari-jari kakinya ke arah belakang,” ujar salah seorang warga.

Gua batu ini ditemukan oleh masyarakat setempat pada zaman penjajahan Belanda. Gua Kemang pernah diangkat untuk dipindahkan ke Belanda. Tetapi tidak bisa dipindahkan, masyarakat setempat pun tidak tahu kenapa gua batu ini tidak bisa diangkat. Ada anggapan kemungkinan ada kaitan dengan kekuatan misterius.

Bayu Teta Pinem selaku Ketua IMKA Rudang Mejile IBBI mengatakan kegiatan ini sebagai salah satu wujud keingintahuan BPH IMKA Rudang Mejile IBBI tentang sejarah dan budaya gua tersebut. “Sejarah dan budaya adalah warisan leluhur, jadi kita sebagai mahasiswa harus menjaga dan melestarikan lingkungan agar anak cucu kita kelak masih bisa menikmatinya,” ungkapnya. Ia pun mengharapkan agar Pemerintah Daerah setempat lebih memperhatikan situs cagar budaya Gua Kemang tersebut.



« Back to News