News



Ketua Prodi S-1 Akuntansi STIE IBBI Bicara Soal Akuntan Pendidik


Sebagai akuntan pendidik, Petrus Gani tak lupa melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berisi Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat. Di bidang pendidikan dan pengajaran, Ketua Program Studi S-1 Akuntansi STIE IBBI ini selalu memberikan perkuliahan sesuai dengan keahliannya yaitu Akuntansi Keuangan, Akuntansi Internasional, dan Auditing.

“Apalagi sekarang kita telah memasuki suatu kondisi yaitu MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) atau Asean Economic Community (AEC), jadi siap tidak siap, kita harus bertempur dalam MEA tersebut,” terangnya seraya menambahkan MEA itu merupakan suatu peluang dan sekaligus tantangan, karena bukan cuma barang, jasa, modal, dan investasi yang bebas keluar masuk dari satu negara ke negara ASEAN yang lain, tetapi juga tenaga kerja. Dalam perkuliahan kita tidak boleh hanya berpaut pada teori-teori dari akuntansi saja, tetapi lebih diutamakan praktiknya.

“Saya selalu memberitahukan kepada para mahasiswa untuk mengaplikasikannya pada kasus-kasus akuntansi sesuai dengan isu-isu terkini pada perekonomian internasional secara global dengan mempergunakan Bahasa Inggris sebagai pengantar perkuliahan dibarengi dengan Bahasa Indonesia secara bilingual,” jelasnya. Ia mengharapkan nantinya STIE IBBI akan menghasilkan lulusan yang siap bersaing secara internasional karena persaingan pasar tenaga kerja di kawasan ASEAN semakin ketat setelah pasar bebas MEA. Pasar bebas MEA akan membuka lebih luas pertukaran tenaga kerja di kawasan ASEAN.

Di bidang penelitian, Petrus telah memenangkan Hibah Penelitian Dikti untuk Dosen Pemula (tahun 2013), dengan judul penelitian, “Pengaruh Variabel Ekonomi Mikro Dan Ekonomi Makro Terhadap Profitabilitas Perusahaan Di Bursa Efek Indonesia”. Disusul pada tahun 2014, juga memenangkan Hibah Penelitian Dikti untuk Dosen Pemula dengan judul penelitian: “Analisis Pengaruh Ekonomi Makro dan Rasio CAMEL Terhadap Profitabilitas Bank di Bursa Efek Indonesia”. Ia juga tercatat memenangkan Hibah Penelitian Dosen STIE IBBI Medan, yakni pada tahun 2013 dan pada tahun 2015.

Di bidang pengabdian masyarakat yaitu memenangkan Hibah Dikti pada tahun 2015 tentang Program IPTEKS bagi Masyarakat (IbM) dengan topik: Pemberdayaan Ekonomi Rakyat Pengrajin Ulos Batak Toba di Pematang Siantar – Sumatera Utara. Setiap tahunnya diminta dan ditunjuk oleh Dinas Pendidikan Kota Medan untuk berperan sebagai Koordinator Team Penguji dan Penilai Akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 6 Medan pada Ujian Nasional Praktek Kejuruan SMK.

“Saya selalu juga mengikuti Pendidikan Profesi Lanjutan (PPL) khususnya untuk Profesi Akuntan yakni yang terbaru pada tahun 2015 tentang topik: Current Issue of Accounting dan Auditing Updates for Lecturer,” ungkapnya. Ia juga selalu mengikuti seminar yang berkaitan dengan Accounting dan Finance.



« Back to News