News



Panin Sekuritas Latih Mahasiswa STIE IBBI Berinvestasi Saham


PT Panin Sekuritas Medan memberikan pelatihan kepada Mahasiswa STIE IBBI berinvestasi. Hal ini dilaksanakan dalam kunjungan mahasiswa ke PT Panin Sekuritas Medan pada Senin, 5 Juni 2017 lalu. Mahasiswa STIE IBBI pun disuguhkan  literasi tentang pasar modal, kiat berinvestasi saham, obligasi, dan reksadana. Selain itu, mahasiswa juga  diberikan simulasi perbandingan menyimpan uang di bank dalam bentuk tabungan, investasi dalam bentuk reksadan, serta investasi dalam bentuk saham.

Usai diberi pemahaman tentang pasar modal, mahasiswa dilatih langsung berinvestasi saham, termasuk bagaimana membaca running trading, membeli atau menjual saham, membeli pada harga tertinggi atau di hari terendah,  membeli mengikuti antrean, membeli saham yang berpotensi menguntungkan, membaca dan mengetahui kinerja emiten, stock split, fundamental perusahaan hingga membuka rekening saham.

Mahasiswa dengan gencar mengajukan pertanyaan, termasuk membuat simulasi financial planning untuk tujuan investasi tertentu, semisal menikah, membeli rumah, mobil, liburan, serta rencana mempersiapkan keuangan pendidikan anak kelak.

Mahasiswa STIE IBBI berkomitmen membuka rekening saham sebagai alternatif instrumen investasi untuk tujuan yang akan dicapai masa yang akan datang. “Dalam minggu ini, kita akan ikut main saham, tapi awalnya ini main reksadana dulu. Nanti kalau kita sudah semakin paham teknik bermain saham yang menguntungkan, mungkin kita akan ikutan juga. Tapi setelah diskusi di sini, pola pikir kita jadi terbuka, pemahaman kita meningkat bagaimana praktik pasar modal, selain teori yang sudah diajarkan dosen di kampus,” ujar Rika Malemta salah satu mahasiswa yang mengikuti pelatihan ini.



« Back to News