News



Siap Investasi di Pasar Modal, Mahasiswa STIE IBBI Lebih Pilih Reksadana


Usai mendapat pelatihan berinvestasi di pasar modal oleh PT Panin Sekuritas, sejumlah Mahasiswa STIE IBBI pun membuka rekening di perusahaan sekuritas tersebut. Di antara berbagai pilihan investasi, mahasiswa lebih pilih reksadana. Hal ini diungkapkan oleh Rafika Syuri Marpaung bersama Mikael selaku Mahasiswa Program Studi S-1 Akuntansi STIE IBBI usai mendapatkan pelatihan investasi di Kantor PT Panin Sekuritas Medan pada Rabu, 31 Mei 2017.

“Kami kan masih pemula, kalau main saham belum berani, meskipun sudah tahu caranya hari ini setelah dilatih di Panin Sekuritas, jadi kami rasa sebagai pemula jauh lebih aman main di reksadana dulu,” ucap Rafika dan Mikael. Lebih jauh keduanya menambahkan, rekan sesama mahasiswa lainnya langsung berinvestasi reksadana usai melihat simulasi.

Kesempatan ini didapatkan Mahasiswa Jurusan Akuntansi Semester 6 Kelas P2 STIE IBBI Medan usai melakukan kunjungan studi ke PT Panin Sekuritas Medan, dan dilatih bagaimana cara dan strategi bermain saham, obligasi dan reksadana. Senior Marketing Panin Sekuritas Andi Hartanto dibantu anggota tim lainnya melatih mahasiswa bagaimana membaca running trade, aksi jual, aksi beli, ikut antrean beli dan sejumlah tips lainnya.

Teori pasar modal yang sebelumnya sudah diperoleh mahasiswa dari dosen di kampus, yaitu Mangasi Butarbutar SE MM, di Panin Sekuritas lalu dipandu mulai dari cara membuka rekening saham, kemudian membaca aplikasi berbasis web maupun aplikasi dari Panin Sekuritas yaitu POST, membaca saham apa yang sedang ditawarkan pada harga berapa dan sebanyak berapa, bagaimana membeli pada harga tertinggi atau harga dibawahnya, bagaimana mengikuti antrian beli.

Kemudian mahasiswa juga dilatih membaca dan memahami faktor-faktor penyebab naik turunnya harga saham, saham apa saja yang kemungkinan besar akan naik atau turun, informasi apa saja yang perlu dicermati untuk memprediksi pergerakan saham.



« Back to News