News



STIE IBBI Bekali Ratusan Siswa SMA Kiat Jadi Entrepreneur


Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) IBBI berlokasi di Kampus Diamond Jalan Sei Deli No. 18 Medan membekali ratusan siswa dari berbagai sekolah di kota Medan tentang kita menjadi entrepreneur. Kegiatan yang dibalut dalam seminar interaktif ini digelar di Aula Kampus Diamond STIE-STMIK IBBI pada Sabtu, 11 Februari 2017.

Menghadirkan pembicara nasional yang juga Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Ciputra Dr. David Sukardi Kodrat MM CPM, seminar bertema, “Menjadi Entrepreneur Andal di Era Digital,” berjalan dengan sangat atraktif. Pasalnya, selain memberikan materi tentang kiat menjadi pengusaha, David juga menyuguhkan berbagai game menarik kepada peserta seminar.

Melalui seminarnya, David mengutarakan terdapat mitos yang salah mengenai berwirausaha, di mana modal sering dijadikan kendala menjadi entrepreneur. “Bukan modal jadi penghalang menjadi pengusaha, tapi miskin ide yang membatasi orang menjadi pengusaha,” ujar David.

Ia menjelaskan, awalnya posisi Indonesia dengan Singapura dan Malaysia sama di tahun-tahun dulu, tapi saat ini perekonomian Malaysia dua kali lebih tinggi dibanding dengan Indonesia. Sementara Singapura 11 kali ekonomi Indonesia. Ia meminta siswa untuk melihat peluang bisnis sebelum membuka usaha ke depan. Ia mencontohkan sejumlah bisnis digital yang marak bahkan fenomenal saat ini, di mana bukan modal jadi faktor utama kesuksesan berusaha, tapi ide, kreativitas dan keberanian. “Ada banyak orang melihat peluang tapi tak melakukannya. Orang yang sukses itu adalah yang bisa melihat peluang dan melakukannya”, ucapnya.

Menjadi entreprenur bisa melalui beberapa hal, misalnya lahir dari anak pengusaha, berlatih dan dipengaruhi lingkungan. Ciri-ciri entrepreneur menurutnya, pencipta peluang, inovator. Ia pun mengimbau siswa  agar hati-hati memasuki pasar yang mau dimasuki, karena semua pasar memiliki risiko.

Sebelumnya, Dr.Andriasan Sudarso S.Mn, MM, CMA  selaku Kepala Sumber Daya Informasi dan Kerjasama, didampingi Petrus Gani SE Ak CA selaku Ketua Program Studi Akuntansi STIE IBBI berharap Siswa SMA saat ini bisa menjadi entrepreneur andal seperti yang diharapkan pemerintah minimal dua persen dari penduduk Indonesia menjadi entrepreneur. “Dengan entrepreneur, maka anda tidak lagi menjadi pencari kerja, bahkan bisa menjadi pencipta lapangan kerja. Usai seminar ini, semoga siswa SMA/SMK yang hadir mengetahui gambaran kedepan kira-kira mau buka usaha di bidang tertentu”,ujarnya.

Para siswa SMA tersebut berasal dari sejumlah sekolah di Medan, seperti SMA Cahaya, SMA Wahidin Sudirohusodo, SMA Wiyata Darma, SMA Budi Utomo, SMA Bodhicitta, SMA Brigjen Kotamso, SMA Sultan Iskandar Muda, dan sejumlah guru pendamping.



« Back to News