News



STIE IBBI Laksanakan Studi Ekskursi di Bank Indonesia


Ratusan Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) IBBI mengikuti studi ekskursi di Bank Indonesia pada Rabu, 17 Mei 2017 bertempat di Aula Lantai 9 Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara Jalan Balai Kota Medan.

Studi ekskursi ini bertujuan mengetahui perihal kebanksentralan, kliring, dan ciri-ciri keaslian uang rupiah, yang dihadiri oleh Ketua STIE IBBI Prof Amrin Fauzi, Wakil Ketua I dan III STIE IBBI Lusiah, SE, MM, Ketua Program Studi S-1 Manajemen Hendri Sembiring, SE, MBA, beserta Dosen STIE IBBI.

Prof Amrin dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pimpinan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara yang memberikan kesempatan STIE IBBI untuk melaksanakan studi ekskursi. Ia juga berharap kedepannya STIE IBBI dan Bank Indonesia dapat menjalin kerjasama dan pelaksanaan kegiatan serupa.

“Semoga kedepannya Bank Indonesia dan STIE IBBI dapat bekerjasama dengan pembuatan MoU (Memorandum of Understanding-red),” ucap Prof Amrin yang disambut baik oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara Arief Budi Santoso.

Berjalan kurang lebih 4 jam, Mahasiswa STIE IBBI diberikan beberapa materi yang diselingi dengan sesi tanya jawab interaktif. Materi pertama tentang kebanksentralan secara umum diberikan oleh Arief Budi Santoso sekaligus memberi sambutan mewakili Bank Indonesia.

Sesi selanjutnya membahas mengenai moneter yang disampaikan oleh Kepala Tim Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara Kusnadi. Ia menjelaskan hal-hal yang mempengaruhi terjadinya inflasi dan tindakan-tindakan yang dilakukan Bank Indonesia dalam menjaga tingkat inflasi di Sumatera Utara.

Ciri-ciri keaslian uang rupiah dan uang NKRI TE 2016 jadi materi lanjutan. Dibawakan oleh Ibrahim dan Dwi Sulistio selaku pegawai Bank Indonesia, mahasiswa diberikan praktik langsung mengenali ciri-ciri keaslian uang rupiah.

Terakhir adalah materi tentang kliring yang disampaikan oleh Abud Nahri selaku perwakilan dari bagian Kliring Bank Indonesia. Ia menjelaskan perihal kegiatan yang dilaksanakan Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara yang melibatkan puluhan bank peserta kliring.

 



« Back to News