News



STIE IBBI SOSIALISALI PROGRAM KREATIFITAS MAHASISWA


Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) IBBI Medan melaksanakan Sosialisasi Program Kreatifitas Mahasiswa(PKM) Kemenristekdikti untuk tahun 2019, Rabu 18 Juli 2018 yang lalu di Aula IBBI Medan. Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan jumlah peserta mahasiswa STIE IBBI yang akan mengikuti dan memenangkan hibah program ini pada tahun 2019. Sosialisasi yang dibuka langsung oleh Prof Dr. Amrin Fauzi selaku Ketua STIE IBBI berpesan agar para mahasiswa dapat mengikuti dengan serius acara sosialisasi PKM ini agar mahasiswa dapat memperbesar potensi kemenangan hibah dari kemenristekdikti.

Pemateri pada pertemuan tersebut adalah Boy Fadly, S.E., M.Ak, Corinna Wongsosudono, S.E., MM dan Lenny Menara Saragih, S.E., MM.  Boy Fadly mengatakan bahwa PKM Kemenristekdikti adalah program hibah yang ditawarkan oleh pemerintah RI dalam rangka untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi serta mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan serta berjiwa mandiri dan arif. Selain itu mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap, tanggungjawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STIE IBBI Hasrul Siregar,SE,M.Si mengatakan bahwa PKM sendiri dibagi menjadi lima jenis kegiatan yang ditawarkan dalam PKM, yaitu PKM-Penelitian (PKM-P), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM-Karya Cipta (PKM-KC), PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI) dan PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT). Kegiatan tersebut didanai oleh pemerintah sebesar dimulai dari Rp 3 juta – Rp 12,5 juta. Pemerintah akan menentukan pemenang hibah tersebut dari proposal masing-masing kegiatan yang akan diikuti mahasiswa.

Boy Fadly mengatakan bahwa sejak tahun 2014-2018, mahasiswa STIE IBBI berhasil memenangkan hibah PKM di berbagai kategori sebanyak 16 mahasiswa. Ini adalah prestasi yang membanggakan karena STIE IBBI baru mengikutinya selama 4 tahun belakangan. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa STIE IBBI dapat berbicara secara nasional.

Pada pertemuan tersebut juga dihadirkan mahasiswa STIE IBBI yang memenangkan hibah PKM-Penelitian tahun 2018 yakni Friska Febrina, Inka Puspita Sari dan Devi Wihteratni Sinaga. Friska berpesan pada adik-adik kelas agar berkemauan kuat untuk mau mengikuti kegiatan PKM Ristekdikti karena akan menambah pengetahuan di bidang penelitian mahasiswa dan mudah-mudahan penelitian tersebut dapat dibiayai pemerintah. Friska juga berharap agar kemenangan mereka dapat mengispirasi para adik-adik mahasiswa untuk dapat memenangkan lebih banyak lagi hibah PKM pada tahun 2019.



« Back to News