News



STIE IBBI Undang Guru Besar untuk Workshop Penulisan Artikel Ilmiah


Oleh: Fredick Ginting

STIE IBBI mengundang Prof Dr Ir Ferisman Tindaon yang merupakan guru besar di salah satu perguruan tinggi swasta di Kota Medan dalam kegiatan workshop bertopik “Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi Internasional Bereputasi” di Aula Kampus Diamond STIE IBBI, Kamis (19/1) lalu. Prof Ferisman sendiri merupakan lulusan dari perguruan tinggi di Frankfurt, Jerman dan telah banyak menerbitkan artikel ilmiah di berbagai jurnal internasional.

Wakil Ketua I STIE IBBI Andriasan Sudarso, S.Mn, CMA yang membuka acara ini mengungkapkan kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari yang diikuti oleh para dosen di lingkungan STIE IBBI. “Harapannya Prof (Ferisman) bisa sharing bagaimana menulis dan menerbitkannya di jurnal yang terindeks Scopus,” ujarnya. Ia pun mengatakan hal ini merupakan salah satu upaya untuk mendorong dosen di STIE IBBI agar lebih banyak melakukan penelitian dan menerbitkannya.

Pada hari pertama, Prof Ferisman membagikan enam materi yang terdiri dari penulisan artikel ilmiah, jenis-jenis jurnal, format IMRAD (pendahuluan, metode, hasil, dan diskusi), swasunting dan cek penakaran keilmiahan, etika penulisan serta alasan dan penyebab artikel ilmiah ditolak. Prof Ferisman menyatakan, “Apa yang saya bagi ini adalah pengalaman saya.” Ia berharap setelah kegiatan ini lebih banyak dosen di STIE IBBI untuk meneliti.

Lebih lanjut Prof Ferisman merasa tersanjung diberi kepercayaan oleh STIE IBBI untuk menjadi pemateri dalam kegiatan ini.

 



« Back to News