News



Tingkatkan Softskill, STIE IBBI Kunjungi PT XL Axiata Tbk


Oleh: Mangasi Butarbutar/kampusmedan.com

Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) IBBI belum lama ini mengunjungi PT XL Axiata Tbk Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) pada Rabu, 7 Juni 2017. Kunjungan yang dilaksanakan Mahasiswa Program Studi Akuntansi di bawah Bimbingan Dosen Mangasi Butarbutar ini ditujukan guna meningkatkan kemampuan komunikasi pemasaran, penjualan, dan berbicara di depan umum.

Kegiatan bertempat di Kantor PT XL Axiata Tbk Sumbagut Jalan Diponegoro Medan dihadiri oleh XL Corcom Bertrand Samuel Fisher, ASM Device Sumbagut Dani Ferdian, dan Cut Maha Ratu. Ketiganya menyampaikan materi terkait pengembangan softskill.

Bertrand mengatakan, perusahaan perlu mengkomunikasikan produk kepada masyarakat. Guna menarik perhatian calon pembeli, diperlukan banyak strategi, baik lewat advertising, sales promotion, event & experience, public relation & publicity, direct marketing, interactive marketing, word of mouth marketing, maupun personal selling.

Sementara itu, pemateri kedua, Dani Ferdian menyampaikan kiat agar konsumen tertarik dengan produk yang dijual. “Perlu dibuat merchandising yang menarik, setelah itu baru terjadi sales,” ujarnya. Merchandising dilakukan lewat berbagai cara, seperti program bundling, discount, termasuk seperti yang dibuat XL  dengan memberikan gratis akses youtube selama satu tahun.

“Bukan hanya dalam berjualan pendekatan ini dilakukan, tapi juga untuk diri sendiri. “Coba begitu bangun langsung pergi kuliah tanpa rapi-rapi. Banyak cara merchandising yang bisa kita buat supaya kita menarik di mata orang banyak,” terangnya.

Dani juga kembali mencontohkan di lingkungan bekerja dengan mengatakan, “Kerja di kantor juga gitu, gimana supaya kita dianggap teman-teman dan atasan kita, supaya sukses berkarir. Setelah itu, kita isi diri kita dengan product knowledge, kita isi dengan kompetensi kita yang mumpuni.” Materi lainnya dilanjutkan  oleh Cut Maha Ratu. Ia banyak memberikan tips bagaimana supaya mampu berbicara dan tampil di depan umum, bagaimana membuat yang pemalu jadi tampil percaya diri.



« Back to News