News



Troyevan Saragih Bagikan Lima Tips Jadi Pebisnis dan Pekerja Sukses


SME Practioner, motivational speaker, sekaligus personel power coach Troyevan Saragih membagikan tips menjadi pengusaha maupun pekerja sukses kepada ratusan Mahasiswa STIE-STMIK IBBI pada April 2017 lalu di Aula Kampus Diamond STIE-STMIK IBBI Jalan Sei Deli No. 18 Medan.

Menurut Troyevan yang juga pernah mengajar di STIE-STMIK IBBI, lima tips menjadi entrepreneur maupun pekerja sukses adalah active, brave, confidence, different, education, explore, dan expose atau biasa disebut dengan ABCDE Personal Branding & Career Strategy.

“Active with attitute,” terang Troyevan yang mulai menjelaskan tipsnya. Seorang entrepreneur maupun pekerja harus memiliki perilaku yang baik. Aktif bagi Troyevan adalah memiliki banyak kegiatan terjadwal dan memiliki skala prioritas, “Jangan sibuk tak menentu,” ujarnya.

Selanjutnya adalah brave yang berarti berani. Troyevan menyerukan agar Mahasiswa STIE-STMIK IBBI berani berekspresi dan berkompetisi. Hal ini dapat dimulai dengan mengikuti berbagai kegiatan di kampus maupun perlombaan yang diadakan kampus lain di Medan bahkan skala nasional.

Seorang entrepreneur juga dituntut memiliki rasa percaya diri atau disebut pula dengan confidence. Seorang yang percaya diri dapat dilihat dari cara berjalan. “Gimana mau jadi entrepreneur tapi kamu enggak percaya diri, tapi jangan over dan berlebihan,” pesan Troyevan.

Jika mendapat kesempatan untuk mengekspresikan diri, seseorang dapat dikategorikan telah berbeda dengan kebanyakan. Menjadi seseorang yang different tidak perlu repot, berbeda dari sisi kualitas saja sudah cukup.

Terakhir adalah education, explore, dan expose. Sekalipun memilih menggeluti dunia usaha, pendidikan tetap harus menjadi prioritas. Troyevan menyerukan agar jangan pernah berhenti belajar, “IBBI is not your last destination.”

Sukses sebagai entrepreneur maupun pekerja juga harus mampu memanfaatkan sosial media. Hal ini dapat berupa mengekspos kegiatan-kegiatan menarik yang dilakukan guna membentuk personal branding. Ekspos diri juga harus dilakukan dengan smart agar tidak menjadi ketergantungan terhadap media sosial.



« Back to News