News



STMIK IBBI Beri Pengarahan Penulisan Skripsi


Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK IBBI) memberi pengarahan penulisan skripsi kepada ratusan mahasiswa tingkat akhir pada Sabtu, 13 Januari 2017. Pengarahan yang dibawakan langsung oleh Wakil Ketua I dan III STMIK IBBI Sukiman ST, MT di Aula Kampus Diamond STIE-STMIK IBBI Jalan Sei Deli No. 18 Medan. Hadir dalam acara tersebut Johanes Perangin-angin dan Anderson King Junior selaku Dosen STMIK IBBI.

Sukiman dalam pemaparannya menjelaskan tentang penelitian yang harus dilakukan Mahasiswa STMIK IBBI sebagai salah satu syarat kelulusan. Mulai dari apa itu penelitian, perumusan masalah, etika kepenulisan hingga bagaimana memilih tema yang tepat. Segala hal terkait skripsi ini dikupas dalam satu sesi sejak Pukul 9.00 WIB.

Dalam materi yang disampaikan, ia juga menyinggung tentang abstrak, “Bagian akhir yang ditulis setelah menyelesaikan bab 1-5, bukan sebaliknya.” Masih menurut Sukiman, abstrak yang baik turut memuat kata kunci untuk memudahkan pencarian dan dapat menggambarkan poin dari skripsi yang ditulis.

Selain menyampaikan kiat menulis skripsi, Sukiman juga memberikan pengumuman kepada mahasiswa untuk menyiapkan Bab 1 berisi latar belakang dan rumusan masalah, beserta jurnal yang dijadikan referensi. “Dua minggu ke depan kita akan mengadakan pemaparan judul skripsi bagi Mahasiswa Sistem Informasi dan Teknik Informatika,” terangnya.

Pemaparan Bab 1 oleh mahasiswa akan disaksikan oleh beberapa dosen yang ditunjuk guna memberikan masukan kepada mahasiswa bersangkutan. Kegiatan ini juga upaya STMIK IBBI memberikan bimbingan sebelum nantinya mahasiswa menjalankan proses bimbingan dengan dosen pembimbing masing-masing.

Sementara itu, Johanes mewakili Dosen STMIK IBBI berharap agar mahasiswa konsisten terhadap waktu, “Jangan menunda pengerjaan skripsi,” pintanya seraya menyampaikan segala pertanyaan mengenai skripsi dapat diakses melalui website kampus.

Usai pengarahan penulisan skripsi, acara dilanjutkan dengan mendatangkan Human Capital and Training Division Head Asuransi Sinarmas. Kehadiran Raysisca Elvide dalam rangka Campus Hiring dan Career Fair guna merekrut 100 tenaga IT untuk bekerja di PT Asuransi Sinarmas Jakarta. Seminar pengenalan profil Sinarmas yang dilanjutkan dengan tes psikotes berlangsung hingga Pukul 14.00 WIB yang turut dihadiri oleh Alumni STMIK IBBI.



« Back to News