News



Dosen STMIK IBBI Harapkan Mahasiswa Manfaatkan IoT sebagai Tugas Akhir


Albert menjelaskan bahwa selama ini belum ada mahasiswa STMIK IBBI mencoba langsung IoT dalam proyek tugas akhir mereka. “Mungkin karena sebelumnya masih minim pengetahuan menganai IoT ini,” tuturnya.

            Senada dengan sebelumnya, Wilianto ST, MTI dan Johanes Perangin-angin, S.Kom, MTI yang merupakan Dosen STMIK IBBI juga berpendapat hal yang sama. Tak hanya dijadikan sebagai tugas akhir saja, tapi IoT juga bisa diharapkan sebagai penolong bagi masyarakat. “Sejak mahasiswa inilah diasah untuk menciptakan sesuatu,” ujarnya.

            Andang Tri Prabowo salah satu mahasiswa STMIK IBBI mengaminkan hal tersebut. Menurutnya dengan adanya seminar dan workshop ini dapat menambah wawasan bagi dirinya dan teman-teman yang lain. “Seputar mengenai IoT ini bisa menjadi bahan alternatif dalam melaksanakan tugas akhir nantinya,” katanya.

            Albert menambahkan, tak hanya terkhusus mahasiswa IBBI tetapi seluruh mahasiswa yang datang pada seminar dan workshop bisa memanfaatkan seputar IoT sebagai tugas akhir mereka. Selain itu mereka diharapkan tak hanya sebagai konsumen saja, tetapi bisa menjadi produsen dengan menciptakan penemuan memanfaatkan teknologi IoT.

            IoT merupakan sebuah konsep dimana suatu objek memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia ke benda.



« Back to News