About Us

STMIK IBBI

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) IBBI

 

STMIK IBBI didirikan pada tahun 2003 berdasarkan SK Mendiknas No. 125/D/O/2003. Institusi Pendidikan ini didirikan atas dasar keinginan untuk keprihatinan mengenai kurangnya SDM yang menguasai keahlian di bidang komputer. Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan IBBI, Amrin Susilo Halim yang merupakan pengusaha di bidang elektronik menyadari pentingnya mendirikan suatu Perguruan Tinggi yang tidak hanya menjejali peserta didiknya dengan hanya teori belaka tetapi juga pengetahuan praktis di lapangan yang akan dapat mereka aplikasikan dalam dunia usaha maupun dalam dunia kerja. Mengingat besarnya kepercayaan masyarakat maka STMIK IBBI dalam waktu yang singkat mengalami perkembangan yang pesat.

STMIK IBBI mengelola 2 (dua) program studi yaitu program studi Sistem Informasi dan program studi Teknik Informatika. Sesuai dengan keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) kedua program studi S-1 STMIK IBBI terakreditasi dengan Peringkat Akreditasi B (Baik).

Sistem Informasi

Perlu kami informasikan, Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi mempelajari bagaimana membangun dan menerapkan teknologi informasi dalam proses bisnis saat ini, sehingga efektivitas bisnis dapat tercapai.

Program Studi Sistem Informasi akan membawa peserta didik melangkah dan terlibat dalam beragam proses bisnis, melalui studi lapangan, laboratorium, studi kasus maupun tatap muka dengan praktisi perusahaan, sehingga paham dan mampu membangun program aplikasi sistem informasi bisnis berbasis jaringan komputer, multimedia dan internet secara nyata.

Program Studi Sistem Informasi tidak menggunakan pendekatan matematis, melainkan pendekatan sistem dalam proses pembelajaran teknologi informasi. Di samping itu, program studi ini akan membantu mahasiswa untuk menumbuhkan kepercayaan diri, membekali mahasiswa dengan kemampuan bisnis dan manajerial, sehingga dapat berkreasi dalam menghasilkan model, rancang bangun dan program Sistem Informasi Bisnis maupun Multimedia, serta menjadi pemimpin perusahaan maupun technopreneur sejati.

Program Studi ini memiliki total 148 SKS dengan 2 (dua) pilihan peminatan yakni peminatan Bisnis dan peminatan Multimedia dan Web.

Teknik Informatika

Program Studi Informatika menawarkan sebuah perpaduan antara pengetahuan teknis, teori dan pengalaman praktis pemrograman, jaringan komputer, dan rekayasa perangkat lunak yang terkait dengan hardware dan pengembangan komputer di masa yang akan datang. Proses pendidikan dalam Program Studi Informatika dirancang untuk mendidik mahasiswa Program Studi Informatika agar dapat menjadi lulusan yang berintegritas, mampu berkarya secara kreatif dalam menganalisis dan merancang suatu perangkat lunak, memiliki jiwa wirausaha, peka dan berempati pada kebutuhan manusia, berwawasan lingkungan, dan selalu mengembangkan diri sesuai dengan perkembangan jaman.

Sesuai dengan sifat teknologi informasi yang sangat dinamis, kurikulum Program Studi Informatika STMIK IBBI disusun berdasarkan berbagai masukan dari sektor industri dan perusahaan-perusahaan berbasis teknologi informasi. Selain itu, mahasiswa juga akan dibekali kemampuan untuk bekerja secara tim (team work) dalam menyelesaikan masalah (problem solving), sehingga sarjana Teknik Informatika tidak perlu diragukan lagi untuk menjawab kebutuhan dunia kerja, khususnya dalam bidang teknologi informasi.

Total SKS yang wajib diselesaikan oleh seorang mahasiswa Program Studi Teknik Informatika adalah 148 SKS yang sudah disusun secara sistematis dengan memperhatikan dinamika perkembangan teknologi informasi yang terkini serta kebutuhan akan penerapan teknologi informasi di tengah-tengah masyarakat. Program Studi Informatika menawarkan 2 (dua) bidang peminatan yaitu peminatan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dan peminatan Jaringan Komputer. Tenaga Pengajar Program Studi Informatika merupakan tenaga pengajar yang profesional, berpengalaman pada bidangnya, dan berjiwa mendidik sehingga diharapkan proses belajar mengajar dapat berlangsung dengan baik.

Perlu kami sampaikan bahwa, Jumlah Alumni STMIK IBBI dari tahun 2003 sampai dengan 2016 adalah sebanyak 2.571 orang dengan perincian 1.728 orang dari Program Studi Sistem Informasi dan 843 orang dari Program Studi Teknik Informatika. Dari jumlah alumni yang demikian besar tersebut telah, sebagian besar Mahasiswa/i telah menempati posisi yang strategis di tengah-tengah masyarakat dengan beragam profesi seperti: Wiraswasta, dosen, Staf IT, beberapa juga telah melanjutkan pendidikan ke luar negeri seperti Jepang, Taiwan, China, India, menjadi tenaga pengajar di Taiwan dan China, dan beberapa lagi telah bekerja di luar negeri seperti di Malaysia, Singapura, Jepang, Taiwan, China, dan Australia.

Kualitas pembelajaran dari STMIK IBBI juga tidak perlu diragukan lagi yang diwujudkan dalam bentuk pengakuan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) yang telah memberikan akreditasi Baik (B) terhadap Program Studi Sistem Informasi (SK BAN-PT No. 502/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2015) dan Teknik Informatika (SK BAN-PT No. 424/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2014). Sebagai buah dari proses belajar mengajar yang berkualitas maka Mahasiswa/i STMIK IBBI telah meraih prestasi berskala lokal, nasional, maupun internasional. Adapun prestasi dari Mahasiswa STMIK IBBI adalah sebagai berikut:

  1. Finalis Indonesia ICT Award (INAICTA) 2012 se Indonesia pada Tahun 2012 yang diselenggarakan oleh Depkominfo atas nama Riadi Mahasiswa STMIK IBBI Prodi SI Stambuk 2008. Keberhasilan ini sekaligus menjadi satu-satunya perwakilan dari Pulau Sumatera pada acara Final Indonesia ICT Award untuk kategori Creative on New Media.
  2. Juara 1 lomba editing foto se Sumatera Utara pada Tahun 2012 yang diselenggarakan oleh Universitas Sumatera Utara atas nama Hengky Angsari Mahasiswa STMIK IBBI Prodi SI Stambuk 2008.
  3. Juara 1 lomba desain poster se Indonesia pada Tahun 2012 yang diselenggarakan oleh Indonesia Linux Conference atas nama Idi Suwardi Mahasiswa STMIK IBBI Prodi SI Stambuk 2008.
  4. Juara Harapan lomba blog se Indonesia pada Tahun 2012 yang diselenggarakan oleh Indonesia Linux Conference atas nama Erianto Ongko Mahasiswa STMIK IBBI Prodi SI Stambuk 2008.
  5. Prestasi terbaru adalah Mahasiswa STMIK IBBI Prodi SI Stambuk 2010 atas nama Andrew Bestari Lubis berhasil menjadi salah satu perwakilan Indonesia dan satu-satunya dari pulau Sumatera untuk kategori animasi pada acara J-Pop Culture yang diselenggarakan oleh Kedutaaan Besar Jepang, dan sekaligus berhak mengunjungi negara Jepang dan mendalami ilmu animasi selama 10 hari dari tanggal 30 September 2013 sampai dengan 9 Oktober 2013.

Bagi adik-adik calon Mahasiswa, tidak perlu meragukan niat tulus dari STMIK IBBI adapun sejumlah fakta yang dapat menjadi pertimbangan bagi adik-adik calon mahasiswa untuk bergabung bersama STMIK IBBI adalah sebagai berikut:

  1. Lembaga ini merupakan lembaga yang telah mendapat kepercayaan yang sangat besar dari Kemenristek Dikti. STMIK IBBI mendapat kepercayaan untuk mengelola pembelajaran Pengembangan Animasi.
  2. Pembelajaran Animasi dan Multimedia baik yang berupa sistem informasi berbasis multimedia (Multimedia System) untuk Program Studi Sistem Informasi maupun berupa Kecerdasan Berbasis Sistem Multimedia (Intelligent Multimedia System) adalah menjadi keunggulan dari STMIK IBBI yang telah diakui secara nasional.
  3. Belajar animasi dan pemrograman adalah bukan hal yang sulit. Anda akan dipandu oleh dosen-dosen STMIK IBBI yang semuanya adalah merupakan praktisi pada bidangnya. Dosen-dosen STMIK IBBI merupakan praktisi yang telah memiliki software house, telah menjadi manager IT, maupun staf IT yang telah dikenal secara luas.
  4. Adanya penghargaan studi banding ke luar negeri bagi Mahasiswa/i STMIK IBBI yang berprestasi.
  5. Tersedianya bantuan untuk mencari tempat kost bagi Mahasiswa yang berasal dari luar kota.
  6. Bantuan biaya pendidikan bagi Mahasiswa/i yang kuliah di Pagi hari.
  7. Ruangan belajar dan laboratorium yang memadai dan nyaman dengan jumlah mahasiswa maksimal 30 orang per kelas sehingga menjamin proses belajar mengajar yang berkualitas.

Perguruan tinggi dewasa ini diharapkan mampu menjadi instrumen utama menuju investasi manusia jangka panjang. Mengingat iklim yang ilmiah dalam kehidupan kampus, momentum ini harus dimanfaatkan sebaik- baiknya oleh perguruan tinggi. Visi dan misi STMIK IBBI adalah bagaimana menjadikan mahasiswa didalamnya menjadi investasi jangka panjang sebagai calon – calon pemimpin bangsa ke depan. Minimal mereka berfungsi sebagai pembawa perubahan yang lebih baik di lingkungannya. Di satu sisi perguruan tinggi harus kita akui  mengalami berbagai kendala sesuai dengan porsi tantangan yang dihadapi. Disinilah mahasiswa sebagai orang yang memiliki cakrawala kritis perlu memback–up perguruan tinggi tersebut. Disatu sisi perguruan tinggi berusaha mendorong mahasiswa kedepan, disisi lain mahasiswa mau didorong.

Sekali lagi, STMIK IBBI sebagai salah satu perguruan tinggi akan terus menerus mempertajam visi dan misinya sebagai konsekuensi dari misi dan visi perguruan tinggi pada tingkat universal menuju tatanan bangsa yang lebih beradab. STMIK IBBI akan terus menerus bertransformasi dalam rangka membawa STMIK IBBI sebagai salah satu institusi yang hadir membawa perubahan bagi bangsa ini. Semoga!